5 Manfaat Inklusi Keuangan untuk Masyarakat dan Negara

Sebelum membahas tentang beragam manfaat inklusi keuangan, tahukah Anda apa itu inklusi keuangan? Dalam praktiknya, inklusi keuangan berhubungan erat dengan beragam transaksi keuangan yang orientasinya adalah jumlah nasabah atau pengguna jasa layanan keuangan. Berikut 5 manfaat yang perlu Anda ketahui lebih lanjut.

Mampu Menumbuh-kembangkan UMKM

UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah tengah naik daun saat ini. Hampir di setiap regional tengah gencar-gencarnya disuarakan tentang ajakan untuk membuat UMKM. Baik yang ada di ranah perkotaan maupun pedesaan. Keberadaan inklusi keuangan rupanya sangat membantu tumbuh-kembang UMKM yang tengah Anda jalankan.

Soalnya program inklusi keuangan memberikan pinjaman yang sangat cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Mulai dari kebutuhan akan bahan-bahan atau material maupun untuk memenuhi kebutuhan biaya operasionalnya. Daripada meminjam lewat tetangga, kan lebih baik menggunakan jasa layanan keuangan.

Apalagi sekarang sudah berkembang jasa layanan keuangan yang bisa Anda akses lewat jejaring internet. Beberapa bahkan ada yang menawarkan program pinjaman tanpa agunan. Meskipun lewat internet, kalau sudah diregulasi oleh OJK, maka layanan keuangan tersebut sudah bersifat formal dan diakui oleh pihak pemerintah secara langsung.

Mampu Menambah Pendapatan

Bagi masyarakat, adanya inklusi keuangan juga memiliki manfaat besar terhadap kesejahteraan umum. Ketika pendapatan naik, secara otomatis status di masyarakat pun naik. Misalnya ketika sebelumnya Anda berstatus sebagai pengangguran, lalu menggunakan dana dari layanan keuangan untuk bisnis. Saat itu juga, status Anda sudah naik satu tingkat.

Lebih bagus lagi ketika pendapatan terus berkembang hingga akhirnya bisa membuka lapangan pekerjaan baru untuk orang lain. Pada waktu yang sama, Anda pun turut berkontribusi terhadap ekonomi negara. Soalnya sebagian dari penghasilan pasti akan dikenakan pajak, bukan? Hubungan atau interaksi semacam ini tidak bisa dihindarkan.

Punya Banyak Keuntungan untuk Tiap-Tiap Individu

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, bahwa manfaat inklusi keuangan sangat dirasakan oleh individu di kalangan pebisnis. Soalnya individu tersebut jadi lebih mudah dalam mengakses keuangan maupun mengefektifkan kas pribadi. Jadi, ketika butuh sesuatu, tidak harus merogoh uang kas, tapi bisa dialihkan dengan memakai jasa layanan keuangan.

Bertambahnya akses informasi keuangan tentu akan membuat siapa pun jadi lebih serius dalam mengontrol keuangan pribadinya. Tidak seperti dulu-dulu ketika menyimpan uang saja harus di bawah kasur. Dengan adanya inklusi keuangan, kegiatan simpan-pinjam pun jadi lebih mudah dan lebih terarah.

Bisa Meningkatkan Kontrol Keuangan secara Umum

Di Indonesia, literasi terhadap inklusi keuangan sudah cukup baik. Kalangan yang belum mengenali kurang dari 3% saja. Namun akan jadi masalah ketika angkanya bertambah. Soalnya, di negara sebelah saja seperti Singapura, literasi inklusi keuangan sudah hampir merata atau yang tidak teredukasi mencapai nol sekian persen.

Padahal, dengan adanya inklusi keuangan, Anda jadi lebih mudah dalam mengontrol keuangan sehari-hari. Banyaknya informasi terkait mengontrol keuangan pribadi jadi nilai plus tersendiri. Apalagi sekarang sudah banyak wadah untuk mengontrol keuangan. Misalnya tersedianya mesin ATM yang difungsikan sebagai brankas untuk menyimpan uang pribadi.

Jangkauan Keuangan Mencapai Masyarakat Lapis Bawah

Ada yang beranggapan, bahwa inklusi keuangan hanya untuk kalangan atas saja. Tidak benar. Bahkan BI pun mulai menargetkan kalangan menengah ke bawah untuk turut merasakan dampak besar adanya inklusi keuangan. Sekarang akses terhadap layanan keuangan sudah berkembang berkat adanya layanan online (internet).

Itulah beberapa manfaat inklusi keuangan yang selama ini dirasakan oleh masyarakat. Manfaatnya secara luas juga dirasakan oleh negara. Alhasil, program pembangunan pun bisa dijalankan sesuai rencana. Selengkapnya, simak https://www.cekaja.com/info/mengenal-inklusi-keuangan-pengertian-manfaat-dan-inovasinya-untuk-negara/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *