Cara Cermat Mengumpulkan Tabungan untuk Biaya Pernikahan

Rencana pernikahan memang menjadi kabar yang membahagiakan. Anda dan pasangan harus cermat mengumpulkan tabungan untuk mewujudkan rencana pernikahan yang Anda inginkan.

Mulailah dari hal-hal kecil, misalnya memilih kartu kredit BNI bebas iuran tahunan atau produk kartu kredit lainnya yang memberikan penawaran serupa. Sehingga kebiasaan boros saat menggunakan kartu kredit bisa diminimalkan menjelang pernikahan.

Selain cermat memilih kartu kredit terbaik, Anda juga tak boleh lupa melakukan beberapa cara berikut ini:

Mengurangi Sikap Konsumtif

Banyak sekali sikap konsumtif yang tanpa disadari membuat Anda kian boros. Itulah sebanya Anda harus belajar berhemat dari hal-hal kecil. Misalnya, mengurangi pemesanan makanan dengan aplikasi ojek online, jarang nongkrong di kafe, berhenti merokok, dan meminimalkan rencana traveling.

Dengan demikian, Anda akan memiliki jumlah tabungan lebih banyak untuk persiapan pernikahan.

Kencan Hemat dengan Pasangan

Kencan secara teratur memang penting untuk mempererat hubungan Anda dan pasangan. Tetapi bukan berarti Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk kencan tersebut. Karena Anda bisa melakukan beragam aktivitas seru tanpa mengeluarkan banyak uang. Memasak bersama, hunting foto, menonton DVD di rumah, atau olahraga bareng adalah menjadi ide kencan seru yang patut Anda coba bersama pasangan.

Segera Melunasi Utang

Kewajiban membayar utang akan membuat Anda kesulitan mengumpulkan biaya pernikahan. Jadi, Anda wajib melunasi utang sesegra mungkin supaya lebih leluasa mengatur kondisi finasial pribadi. Utang-utang untuk barang konsumtif seperti kendaraan, barang elektronik, atau gadget tak boleh membebani keuangan Anda.

Satu-satunya jenis utang yang patut diusahakan adalah cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk masa depan Anda dan pasangan setelah menikah. Rumah adalah aset investasi yang nilainya terus meningkat. Sehingga Anda tak akan mengalami kerugian jika mulai mengangsur dari sekarang.

Meminimalkan Biaya Transportasi

Selama ini Anda mungkin tak menyadari jika biaya transportasi yang Anda keluarkan cukup besar ketika bepergian. Kalau Anda terbiasa mengendarai mobil pribadi, mungkin sudah waktunya Anda beralih ke sepeda motor atau moda transportasi umum.

Supaya Anda bisa menghemat pengeluaran untuk bahan bakar, parkir, dan ongkos tol. Lama-kelamaan, Anda akan terbiasa dengan gaya hidup yang baru dan bisa mengumpulkan uang lebih banyak lagi.

Menjalani Pekerjaan atau Bisnis Sampingan

Pendapatan utama memang sering terasa tak cukup untuk menabung. Bila Anda mengalami hal tersebut, berarti sudah waktunya Anda menjalani pekerjaan atau bisnis sampingan.

Siapkan modal dan keahlian untuk pekerjaan atau bisnis sampingan yang tepat. Usahakan agar pekerjaan atau bisnis sampingan tersebut tak mengganggu fokus Anda pada pekerjaan utama.

Menikah dengan biaya sendiri akan membuat Anda dan pasangan merasa bangga. Namun, jangan sampai isi tabungan terkuras habis pasca menikah, ya.

Anda juga wajib memperhatikan kebutuhan rumah tangga pasca menikah. Pastikan biaya menikah Anda tercukupi dengan apply Kartu Kredit BNI.

Info lebih lanjut cek di sini ya https://www.cekaja.com/banks/bni/kartu-kredit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *