Dapatkan Pinjaman untuk Beli Rumah dengan Tips Berikut Ini!

Rumah adalah kebutuhan pokok bagi siapapun juga. Meski begitu, sejak harga rumah yang terus meninggi, maka banyak juga yang kesulitan untuk memiliki rumah idaman sendiri. Saat ini rumah dengan type 36 dengan lokasi agak jauh dari pusat kota saja bisa dibanderol dengan harga 200 juta lebih. Belum lagi jika Anda ingin rumah agak besar dengan lokasi lebih strategis, maka dana 400 juta wajib Anda miliki. Itulah mengapa sejak adanya produk pinjaman untuk beli rumah dari bank-bank, maka menjadi angin segar tersendiri bagi semua orang.

Pinjaman untuk beli rumah ini biasanya disebut dengan KPR. Ternyata banyak juga manfaat dari KPR ini di antaranya:

  • Anda bisa langsung menempati rumah yang Anda incar tersebut secara langsung. Hal ini lantaran bank sudah membayar lunas rumah Anda sehingga Anda bisa langsung memiliki rumah tersebut.
  • Beban pembayaran Anda juga lebih ringan karena Anda tidak perlu membayar langsung dengan nilai hingga ratusan juta karena dapat mencicil sesuai kemampuan pembayaran dan batas waktu yang Anda mampu.
  • Untuk produk KPR, bank memang memberikan keringanan dengan memberikan waktu cicilan yang cukup lama karena bisa mencapai rata-rata 15 tahun dan bahkan ada yang bisa memberikan waktu sampai 20 tahun.
  • Selain mendapatkan rumahnya, Anda juga bahkan mendapatkan asuransi sehingga rumah akan terlindungi.
  • Sertifikat pun bisa langsung jadi sehingga akan meminimalisir terjadinya sengketa.

Kini Anda sudah tidak perlu ragu lagi dalam mengajukan KPR kepada bank, terlebih jika uang yang Anda kumpulkan ternyata belum mencukupi untuk membeli rumah. Perlu diketahui, semakin lama Anda menabung, semakin naik juga harga rumah di pasaran sehingga untuk mencapai angka rumah bisa sangat lama. Dibanding dengan menabung dan butuh waktu lama, Anda bisa menjadikan uang tabungan tersebut sebagai uang muka rumah dan sebagian penghasilan yang ditabung sebagai cicilan ketika KPR diterima, namun bedanya rumah tersebut sudah jadi milik Anda.

Tips Dalam Pengajuan Pinjaman Untuk Beli Rumah

Demi kelancaran dalam pengajuan KPR, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini:

  • Pastikan melakukan simulasi terlebih dulu terkait jumlah pinjamannya sehingga akan muncul perhitungan yang jelas dan bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda dalam pembayaran.
  • Lakukan survey untuk beberapa bank sekaligus sehingga Anda bisa membandingkan tingkat suku bunga yang ditawarkan masing-masing bank. Selain itu untuk langkah berjaga-jaga, Anda juga bisa menyebar permohonan KPR ini ke banyak bank sekaligus agar kemungkinan diterima lebih besar.
  • Seperti halnya pinjaman lain, mengajukan KPR juga butuh syarat yang cukup kompleks. Pastikan siapkan semua syaratnya lalu ajukan ke bank segera. Syarat umum yang wajib dipenuhi diantaranya adalah KTP, KK, slip gaji, buku rekening dan lainnya.
  • Bank akan menentukan apakah Anda layak diberikan persetujuan KPR atau tidak diantaranya ketika Anda memiliki riwayat kredit yang bersih. Oleh karena itu, jika Anda masih memiliki kredit macet untuk beberapa hal misalnya kredit kendaraan atau kartu kredit, maka pastikan untuk dibenahi terlebih dulu.

(Baca Juga: Waspada Pinjaman Pribadi Tanpa Syarat, Teliti Dahulu Sebelum Mengambilnya!)

Itulah beberapa tips untuk mendapatkan pinjaman untuk beli rumah secara lebih mudah. Kunjungi situs https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan untuk mengetahui info lainnya. Semuanya tetap membutuhkan proses sehingga Anda juga harus sabar. Selain itu, bersikaplah kooperatif kepada karyawan bank agar bank pun memberikan respon baik kepada Anda. Selain mempersiapkan diri untuk pengajuan KPR, cari juga rumah yang sesuai dengan kemampuan harga Anda dan lokasi yang tepat sehingga memudahkan Anda di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *