Jenis asuransi mobil

Sebagai konsumen, masyarakat berhak menentukan jenis asuransi mobil. Konsumen yang baik tidak akan gegabah memilih perusahaan asuransi yang ia percaya untuk memberikan proteksi. Maka perbandingan yang didasarkan pada tarif serta jenis asuransi adalah langkah yang tepat.

Alasan memilih Jenis Asuransi Mobil

Ketika hendak mengajukan permohonan pembukaan polis, calon pihak tertanggung akan ditawari jenis asuransi mobil. Ditinjau dari jenis proteksi yang iberikan, asuransi mobil terbagi menjadi dua jenis perlindungan yaitu All Risk/Comprehensive dan Total Loss Only.

Alasan konsumen memilih jenis asuransi mobil adalah:

  • Kebiasaan mengemudi

Riwayat kelakukan ketika mengemudi bisa menjadi pertimbangan memilih jenis asuransi. Misalnya sering menjadi korban tabrakan meski sudah mengemudi hati-hati, maka penting sekali memberikan proteksi pada mobil berupa asuransi

  • Kondisi wilayah tempat tinggal

Tinggal di daerah rawan bencana atau kerusuhan adalah alasan penting menentukan jenis asuransi

  • Fungsi mobil

Mobil niaga sangat penting mendapatkan proteksi terbaik karena nilai ekonomisnya.

  • Perhitungan anggaran keuangan

Besarnya premi asuransi sangat dipengaruhi jenis asuransi mobil yang dipilih. Menentukan seberapa besar nominal premi tergantung pada kemampuan membayarnya

Tentang Jenis Asuransi Mobil

Ditinjau dari jenis perlindungan yang diberikan, asuransi mobil terbagi menjadi:

  • Asuransi Kendaraan Total Loss Only, dengan karakteristik sebagai berikut:
  • Klaim dapat dicairkan jika kerusakan total mencapai lebih dari 75 persen atau bentuk kendaraan sudah tidak memungkinkan dilakukan perbaikan.
  • Juga memberikan proteksi akibat aksi pencurian ketika kendaraan dalam kondisi diam di parkiran, hilang akibat aksi penodongan, pembegalan, perampasan dan tindakan kriminal lainnya.
  • Asuransi Kendaraan Comprehensive/ All Risk. Karakteristik asuransi ini adalah:
  • Memberikan proteksi menyeluruh pada mobil, mencakup proteksi yang diberikan oleh asuransi Total Loss Only ditambah beberapa tambahan proteksi
  • Memiliki klausul mengcover biaya perbaikan bagi kendaraan yang dipertanggungkan ketika mengalami musibah atau masalah teknis. Klausul tambahan ini mengikuti ketentuan pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia.
  • Proteksi asuransi All Risk sangat detil dan menyeluruh, mulai kerusakan dan kerugian kecil hingga kerugian lebih besar. Termasuk kehilangan perlengkapan tambahan, kecelakaan kecil hinga kerusakan parah akibat kecelakaan atau bencana.
  • Adanya opsi tambahan berupa perluasan jaminan

Asuransi All Risk memberikan perluasan jaminan berupa Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (TJH III) dan Personal Accident yang memberikan perlindungan kecelakaan terhadap pengemudi. TJH III adalah perlindungan asuransi yang sebagai pertanggungjawaban yang harusnya dilakukan pemegang polis jika menabrak seseorang secara tidak sengaja.

Agar lebih paham mengenai jenis asuransi, ada baiknya calon konsumen asuransi mobil menelusuri pemaparan https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan. Dengan demikian pihak tertanggung akan lebih mudah menentukan pilihan dan mengkalkukasi besarnya premi.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *