Mengenal Lebih Jauh Tentang Inklusi Keuangan

Bagi sebagian orang, membaca atau mendengar suatu hal yang berhubungan dengan ekonomi menjadi sesuatu yang membosankan. Namun, entah Anda sadari atau tidak, terkadang hal-hal yang kurang menarik ini bisa bermanfaat dan memiliki efek pada kehidupan sehari-hari. Mulai dari saat Anda belanja di pasar, bekerja, di sekolah, atau bahkan ketika berbincang dengan orang lain. Salah satu yang mungkin memengaruhi hidup Anda ialah inklusi keuangan. Apa Anda tahu apa itu inklusi keuangan? Baca artikel ini untuk mengetahui informasinya.

Menurut Strategi Nasional Keuangan Inklusif dari Bank Indonesia, inklusi keuangan memiliki arti sebagai hak setiap orang untuk memiliki akses dan layanan penuh dari lembaga keuangan secara tepat waktu, nyaman, informatif, dan terjangkau. Jenis industri keuangannya pun beragam, mulai dari perbankan hingga asuransi. Bila Anda memiliki akun atau asuransi, maka secara tidak langsung Anda pun ikut terlibat dalam hal ini.


Lalu, apa pengaruhnya hal ini terhadap kehidupan Anda sehari-hari?

Tentu saja banyak sekali aspek yang akan terpengaruh terhadap hal ini. Pasalnya, bila hal ini sukses banyak sekali keuntungan yang bisa dirasakan, mulai dari meningkatkan efisiensi ekonomi, stabilitas sistem keuangan, hingga membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, atau dengan kata lain menekan angka kemiskinan di Indonesia.

Untuk menyukseskannya, ada beberapa strategi yang digunakan oleh Bank Indonesia, seperti mengadakan edukasi keuangan, meningkatkan fasilitas keuangan publik, membuat kebijakan dan peraturan yang mendukung, pemetaan informasi keuangan yang lebih baik, hingga perlindungan konsumen dan privasinya. Ternyata, hal ini pun tidak sia-sia karena Indonesia berhasil menjadi negara terbaik se-Asia Pasifik dalam mencapai inklusi keuangan. Hal ini dibuktikan dengan didapatkannya penghargaan Global Inclusion Award pada tahun 2017. Dengan kata lain Indonesia berhasil mengambil langkah lebih jauh dibandingkan negara-negara lain.


Namun, ada hal lain yang harus Anda ketahui bahwa selain dari pemerintah atau pun lembaga keuangan, Anda sendiri pun dapat membantu mewujudkannya suksesnya pertumbukan inklusi keuangan di Indonesia. Caranya pun sangat beragam, mudah, dan menyenangkan, seperti ikut menabung dan menjadi nasabah di bank, melakukan investasi atau membeli saham, menabung emas di pegadaian, membuka tabungan pensiun, atau bahkan mendukung fintech seperti CekAja.com.

Di CekAja.com Anda bisa mendapatkan banyak informasi terbaru mengenai keuangan Indonesia, hingga tips untuk mengelola keuangan Anda sendiri. Bila Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai inklusi, Anda bisa membaca artikel di https://www.cekaja.com/info/mengenal-inklusi-keuangan-pengertian-manfaat-dan-inovasinya-untuk-negara/. Di sana Anda akan mendapatkan banyak informasi, mulai dari manfaatnya, pengertian, hingga inovasinya untuk negara ini. Oleh karenanya, Apakah Anda sudah siap untuk membantu Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya? Karena masyarakat Indonesia sendiri yang bisa membantu mengembangkan keadaan ekonomi Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *