Sudah tahu apa saja manfaat BPJS Ketenagakerjaan?

Jadi, apa sih BPJS Ketenagakerjaan itu? Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraan nya menggunakan mekanisme asuransi sosial.

Karena kurangnya informasi tentang manfaat BPJS Ketenagakerjaan, masyarakat menjadi kurang tertarik untuk mendaftar layanan ini. Padahal BPJS menawarkan banyak sekali manfaat bagi anggota BPJS.

BPJS Ketenagakerjaan mempunyai 4 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP). Program-program ini akan memberi manfaat kepada pekerja.

Mari simak apa saja manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan berikut ini:

Manfaat  Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) 

Berupa pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan medis yang meliputi pemeriksaan dasar dan penunjang serta . Perawatan tingkat pertama dan lanjutan.

Kemudian  perawatan intensif, penunjang diagnostik, pengobatan,  pelayanan khusus, alat kesehatan dan implan, jasa dokter/medis,  operasi, transfusi darah serta  rehabilitasi medik.

Santunan berupa uang

Layanan ini meliputi,  penggantian biaya pengangkutan peserta yang mengalami kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja, ke rumah sakit dan/atau ke rumahnya, termasuk biaya pertolongan pertama pada kecelakaan.

Dan santunan lainnya seperti santunan sementara tidak mampu bekerja,  santunan cacat sebagian anatomis, cacat sebagian fungsi, dan cacat total tetap, santunan kematian dan biaya pemakaman.

Jaminan Pensiun

Berupa Jaminan hari tua, pensiun cacat, pensiun janda dan duda, pensiun anak dan pensiun orang tua.

JHT (Jaminan Hari Tua)

Berupa uang tunai yang dibayarkan apabila peserta berusia 56 (lima puluh enam) tahun, meninggal dunia, atau mengalami cacat total tetap.

Manfaat Jaminan Kematian 

Dibayarkan kepada ahli waris Peserta, apabila Peserta meninggal dunia dalam masa aktif, terdiri atas santunan sekaligus Rp18.200.000, santunan berkala 24 x Rp200.000 = Rp4.800.000 yang dibayar sekaligus.

Jadi itulah manfaat-manfaat yang bisa didapatkan jika Anda mendaftar BPJS Ketenagakerjaan.

Pastikan Anda mendapat informasi seputar BPJS Ketenagakerjaan lainnya hanya di https://www.cekaja.com/info/ini-cara-cek-saldo-bpjs-ketenagakerjaan/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *