stats online
Beranda Ekonomi Panduan Cara Menabung di ATM BNI Mudah & Cepat
Ekonomi

Panduan Cara Menabung di ATM BNI Mudah & Cepat

Dahulu, penyetoran dana ke rekening hanya bisa dilakukan dengan cara datang langsung ke kantor cabang bank terdekat. Saat ini, hampir semua bank, termasuk Bank BNI, telah menyediakan layanan menabung lewat […]

Dahulu, penyetoran dana ke rekening hanya bisa dilakukan dengan cara datang langsung ke kantor cabang bank terdekat. Saat ini, hampir semua bank, termasuk Bank BNI, telah menyediakan layanan menabung lewat mesin ATM. Lalu, bagaimana cara menabung di ATM BNI?

Cara menabung di ATM BNI pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan bank-bank lain. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menabung di ATM BNI, langkah-langkahnya, dan tips-tips yang perlu diperhatikan.

Jadi, jika kamu ingin mengetahui cara menabung di ATM BNI atau spesifiknya seperti cara menabung di ATM BNI Syariah atau cara menabung di BNI lewat mesin ATM, ikuti terus artikel ini!

Mengenal 2 Metode Setor Dana di Bank BNI

Bagi kamu nasabah Bank BNI, ada 2 cara penyetoran dana yang disediakan oleh pihak bank. Kedua cara tersebut adalah:

  1. Teller
  2. ATM

Metode 1: Teller

Untuk melakukan setor tunai lewat teller, kamu harus datang ke cabang Bank BNI terdekat yang ada di kotamu. Sampaikan tujuanmu pada teller untuk melakukan penyetoran dana. Ambil slip setoran, isi dan berikan lembaran tersebut kepada teller beserta uangnya. Tunggu sampai bukti penyetoran diserahkan kepadamu.

Metode 2: ATM

Metode penyetoran dana lewat ATM sekarang semakin banyak ditemukan. Tidak seperti lewat teller, kamu bisa menyetorkan uang lewat mesin ATM kapan saja tanpa terbatas oleh jam hari kerja. Selain itu, kamu juga tidak perlu repot-repot mengantre di teller.

Gunakan metode yang paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan kamu untuk melakukan setor dana di Bank BNI.

Kelebihan Menggunakan Setor Tunai di ATM BNI

Meski banyak orang yang masih melakukan penyetoran dana dengan datang langsung ke kantor cabang Bank BNI, faktanya setor tunai lewat ATM juga memberikan banyak kemudahan. Simak beberapa kelebihan menggunakan layanan setor tunai dari ATM BNI berikut ini!

  1. Lebih hemat waktu dan tenaga: Jika posisimu lebih dekat dengan ATM dibanding dengan cabang BNI, adanya ATM setor tunai tentu akan sangat memudahkan. Kamu bisa dengan mudah dan cepat melakukan penyetoran dana. Uang yang kamu setorkan secara real-time akan langsung dikreditkan ke rekeningmu. Tidak perlu menunggu.
  2. Tidak ada batasan jam kerja dan hari kerja: Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setor tunai lewat ATM bisa dilakukan selama 24 jam kecuali ATM sedang rusak atau mengalami gangguan jaringan.

kelebihan setor tunai

Cara Setor Tunai di ATM Bank BNI

Bagaimana cara setor tunai di ATM BNI? Setor tunai di ATM BNI bisa kamu lakukan ke rekeningmu sendiri, rekening orang lain dengan atau tanpa menggunakan kartu ATM. Simak penjelasan setiap poinnya berikut ini!

Cara Setor Tunai di ATM BNI ke Rekening Sendiri:

  1. Temukan ATM setor tunai/CRM Bank BNI yang ada di sekitarmu.
  2. Setelah sampai, siapkan uang yang akan disetorkan. Perlu diingat bahwa uang tidak boleh dalam keadaan basah, rusak, palsu, terlipat, tergulung, disteples, dan diikat karet.
  3. Masukkan kartu ATM ke dalam mesin kemudian pilih bahasa. Kamu bisa menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.
  4. Masukkan 6 digit PIN ATM. Pastikan kamu memasukkan angka yang benar. Klik “Setor Tunai” kemudian pilih “Lanjutkan”. Kamu akan diminta untuk memilih rekening tujuan penyetoran. Pilih “Rekening Tabungan”.
  5. Shutter atau box uang akan terbuka secara otomatis. Masukkan uang ke dalamnya dan tunggu instruksi berikutnya. Di layar akan muncul verifikasi untuk menyesuaikan jumlah yang kamu masukkan. Jika sudah cocok, pilih “Setor”.
  6. Bukti transaksi akan keluar dari mesin. Jangan lupa keluarkan kartumu dan simpan dengan baik sebelum meninggalkan mesin ATM.

cara setor tunai di ATM Bank BNI

Jadi, dengan menggunakan cara setor tunai di ATM Bank BNI, kamu bisa dengan mudah menyetorkan uang ke rekening sendiri secara cepat dan praktis.

Cara Setor Tunai di ATM BNI ke Rekening Orang Lain

Cara setor tunai ke rekening BNI milik orang lain pada dasarnya sama dengan setor tunai ke rekening sendiri. Hanya saja pada pilihan rekening tujuan, kamu bisa memilih rekening yang berbeda. Masukkan nomor rekening yang dituju kemudian lanjutkan transaksi sampai selesai.

Apakah ada cara setor tunai di ATM BNI tanpa kartu? Untuk saat ini Bank BNI hanya memungkinkan nasabah melakukan penarikan tunai yang dilakukan tanpa kartu. Artinya jika kamu tidak punya ATM dan ingin melakukan setor tunai, kamu harus datang ke bank.

Panduan Cara Setor Tunai di ATM BNI ke Rekening Orang Lain
  1. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM BNI.
  2. Pilih bahasa yang diinginkan pada tampilan layar.
  3. Masukkan PIN ATM seperti biasa.
  4. Pilih menu “Setor Tunai”.
  5. Pada halaman setor tunai, pilih “Rekening Orang Lain”.
  6. Masukkan nomor rekening tujuan dengan teliti.
  7. Verifikasi nomor rekening yang dimasukkan.
  8. Masukkan uang tunai yang ingin disetorkan ke dalam tempat yang disediakan.
  9. Setelah selesai memasukkan uang, tunggu proses hitung otomatis.
  10. Verifikasi jumlah uang yang telah dimasukkan.
  11. Jika sudah sesuai, tekan “Setor” untuk menyelesaikan transaksi.
  12. Transaksi setor tunai ke rekening orang lain selesai.

setor tunai ke rekening orang lain

Jadi, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah dan aman melakukan setor tunai di ATM BNI ke rekening orang lain. Pastikan nomor rekening yang dimasukkan benar agar transaksi berjalan lancar dan dana langsung terkirim ke rekening yang dituju.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Setor Tunai di ATM Bank BNI

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan setor tunai di ATM Bank BNI.

Ketahui Limit untuk Setiap Kali Transaksi

Seperti transaksi lain, setor tunai di ATM BNI juga memiliki batas nominal atau limit yang bisa disetorkan. Untuk setor tunai lewat ATM, nilai minimal yang bisa kamu setorkan adalah Rp50.000. Namun, limit maksimal tergantung pada jenis rekening yang kamu miliki. Pemilik ATM BNI Taplus memiliki batas maksimal setor tunai sebesar Rp50.000.000, sementara nasabah BNI Taplus Bisnis dapat melakukan setor tunai hingga Rp99.000.000.

Ketahui Penyebab Setor Tunai Gagal dan Cara Mengatasinya

Kegagalan saat setor tunai lewat ATM BNI bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah mesin ATM yang penuh, rusak, atau mengalami gangguan jaringan. Selain itu, jika uang yang kamu masukkan ke dalam mesin dalam kondisi yang tidak baik seperti rusak, terlipat, robek, atau basah, maka setor tunai juga dapat gagal.

Jika mengalami kegagalan setor tunai, ada beberapa cara mengatasinya. Pertama, cobalah mencari ATM lain yang tersedia. Jika masalah masih berlanjut, kamu bisa menunggu hingga ATM diperbaiki atau datang langsung ke kantor cabang BNI untuk melakukan penyetoran. Pastikan selalu membawa bukti setor tunai, buku tabungan, kartu ATM, dan identitas pribadi untuk memudahkan penanganan masalah.

Penyebab Setor Tunai Gagal Cara Mengatasinya
Mesin ATM penuh, rusak, atau gangguan jaringan Cari ATM lain, tunggu hingga ATM diperbaiki, atau datang ke kantor cabang BNI
Uang dalam kondisi rusak, terlipat, robek, atau basah Pastikan uang dalam kondisi baik sebelum setor tunai
Uang tidak dikreditkan ke rekening yang dituju atau jumlah tidak sesuai Datang ke cabang terdekat dengan membawa bukti setor tunai, buku tabungan, kartu ATM, dan identitas pribadi

penyebab setor tunai gagal

Mesin Setor Tunai BNI

Sekarang layanan mesin ATM dari BNI tidak hanya bisa digunakan untuk mengambil uang tunai, tetapi juga untuk melakukan setor tunai BNI. Mesin ATM BNI memiliki beragam jenis mesin yang dapat digunakan untuk melakukan setoran tunai. Salah satunya adalah ATM Setor Tarik, yang tidak hanya digunakan untuk setor tunai ke rekening tetapi juga untuk melakukan transaksi pengambilan uang tunai. Mesin ATM Setor Tarik pertama di Indonesia dikeluarkan oleh bank BCA dan kini banyak ditemukan di bank-bank BCA. Untuk menemukan ATM Setor Tarik, Anda dapat mencarinya di kawasan perbankan atau di area ATM Center.

Selain itu, terdapat juga mesin ATM Setor saja. Seperti namanya, mesin ini khusus digunakan untuk melakukan setoran tunai saja. Hanya ada sedikit jumlah mesin ATM Setor saja dibandingkan dengan mesin ATM Setor Tarik. Biasanya, mesin ATM Setor saja dapat ditemukan di kawasan perbankan atau ATM Center.

Mesin Setor Tunai BNI

Dengan adanya mesin setor tunai di ATM BNI, Anda dapat dengan mudah menabung dan melakukan setoran tunai kapan saja. Jadi, manfaatkanlah layanan setor tunai di ATM BNI untuk memudahkan transaksi keuangan Anda.

Cara Setor Tunai BNI Menggunakan Kartu

cara setor tunai dengan kartu atm

Dalam langkah ini, Anda dapat menggunakan kartu ATM BNI Anda untuk melakukan setor tunai dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pergi ke ATM BNI Setor Tunai terdekat.
  2. Masukkan kartu debit ke mesin ATM.
  3. Pilih bahasa Indonesia.
  4. Masukkan 6 digit PIN ATM Anda.
  5. Pilih menu “Setoran tunai”.
  6. Layar ATM akan menampilkan halaman syarat dan ketentuan. Tekan “Lanjutkan”.
  7. Pilih “Rekening Tabungan”.
  8. Secara otomatis, mesin ATM akan membuka tempat setor uang.
  9. Masukkan uang yang akan disetor ke tempat yang sudah disediakan.
  10. Setelah selesai memasukkan uang, tempat setor uang secara otomatis akan tertutup dan mesin setor tunai akan menghitung uang yang telah dimasukkan.
  11. Anda tunggu beberapa saat, layar ATM akan menampilkan halaman konfirmasi jumlah uang yang disetorkan.
  12. Bila jumlahnya sesuai, tekan “Setor” untuk melanjutkan proses setoran tunai.
  13. Layar ATM akan menampilkan notifikasi “Setoran Anda telah diterima” lalu mengeluarkan struk.
  14. Transaksi setor tunai sudah berhasil. Klik “Tidak” untuk menyelesaikan transaksi, atau “Ya” jika masih ingin melanjutkan transaksi.
  15. Jangan lupa ambil struk dan kartu debit sebelum meninggalkan ATM.

Cara Setor Tunai BNI Tanpa Kartu

Pastikan sudah memiliki aplikasi BNI Mobile pada Hp.

Buka aplikasi yang telah di-download.

Akses ke akun dengan melakukan login dan memasukkan user ID serta PIN.

Jika sudah masuk ke dalam akun nasabah yang dimiliki bisa memilih opsi ‘Mobile Tunai’ yang terletak di bawah menu.

Setelah itu akan muncul dua pilihan, yaitu untuk melakukan transaksi ‘Tarik Tunai’ atau untuk melakukan ‘Setor Tunai’. Jika ingin melakukan setor tunai BNI maka pilih opsi setor tunai.

Pilih ‘lanjut’ untuk melanjutkan transaksi.

Tentukan rekening yang ingin dituju, bisa ‘Diri Sendiri’ atau pilih ke rekening ‘Orang Lain’.

Pergi ke langkah selanjutnya dengan menu ‘Lanjut’.

Pilih sumber dana sebelum melanjutkan transaksi.

Pilih ‘Lanjut’.

Pilih tujuan setor, bisa ke ‘Diri Sendiri’ atau ke rekening ‘Orang Lain’.

Pilih opsi ‘Lanjut’.

Pilih rekening untuk menjadi sumber asal dana.

Jika sudah, pilih ‘Lanjut’.

Kemudian akan timbul halaman validasi yang perlu ditangani untuk melanjutkan transaksi. Pada halaman validasi perlu memuat nomor rekening tujuan, jenis layanan Mobile Tunai ATM BNI, dan juga tipe layanan yang disediakan, yaitu setor tunai dan nama rekening tujuan.

Lanjutkan transaksi dengan memasukkan password transaksi yang telah ditentukan.

Pilih ‘Lanjut’.

Halaman akan menunjukkan status dengan menampilkan 10 digit kode transaksi yang perlu dimasukkan ke ATM dan halaman ini juga memasukkan jenis layanan, nomor rekening dari akun tujuan, serta nama pemilik nomor rekening tersebut.

Pastikan bahwa data tersebut benar sebelum melakukan transaksi.

Namun, proses melakukan transaksi cara setor tunai BNI tanpa kartu tidak berhenti disini. Nasabah masih perlu pergi ke mesin ATM BNI setor tunai terdekat. Pada mesin ATM akan ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan.

Cara Setor Tunai BNI Melalui Teller

Tentunya yang pertama adalah untuk mengunjungi kantor cabang bank BNI dan melengkapi formulir penyetoran yang berwarna biru.

Pastikan untuk mengisi formulir penyetoran sesuai dengan instruksi, termasuk nomor rekening tabungan BNI dan nominal tunai yang ingin disetor.

Jika informasi yang diminta sudah dilengkapi dan ditandatangani, Anda bisa mengambil nomor antrian dan menunggu dipanggil oleh petugas teller.

Serahkan slip berisi informasi kepada teller dan berikan uang tunai dengan jumlah yang sesuai kepada teller.

Jika proses transaksi sudah selesai, petugas teller akan memberikan formulir yang membuktikan bahwa transaksi setoran tunai sudah berhasil.

cara setor tunai melalui teller

Sehubungan dengan hal ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi kantor cabang BNI terdekat.
  2. Lengkapi formulir penyetoran yang berwarna biru.
  3. Isi formulir penyetoran dengan melampirkan nomor rekening tabungan BNI dan nominal tunai yang ingin disetor.
  4. Setelah formulir terisi dengan lengkap, serahkan slip berisi informasi kepada petugas teller di loket setor tunai.
  5. Setelah itu, berikan uang tunai dengan jumlah yang sesuai kepada petugas teller.
  6. Jika proses transaksi berjalan lancar, petugas teller akan memberikan formulir sebagai bukti bahwa setoran tunai berhasil dilakukan.
Nomer Langkah-langkah Setor Tunai Melalui Teller
1 Kunjungi kantor cabang BNI terdekat.
2 Lengkapi formulir penyetoran yang berwarna biru dengan nomor rekening tabungan BNI dan nominal tunai yang ingin disetor.
3 Serahkan slip berisi informasi kepada petugas teller dan berikan uang tunai dengan jumlah yang sesuai.
4 Jika proses transaksi berjalan lancar, petugas teller akan memberikan formulir sebagai bukti setoran tunai berhasil.

Kesimpulan

Melakukan setor tunai di ATM BNI merupakan cara yang mudah dan praktis untuk menabung. Nasabah bisa memilih antara menggunakan kartu ATM atau tanpa kartu melalui fitur BNI Mobile Banking. Dengan adanya mesin setor tunai di ATM BNI, nasabah bisa menabung kapan saja dan tidak perlu mengantre di teller bank.

Pastikan untuk memperhatikan batas nominal setor tunai dan mengikuti langkah-langkah yang telah disediakan agar transaksi berjalan lancar. Dengan menabung di ATM BNI, nasabah bisa memanfaatkan kelebihan yang ditawarkan seperti waktu dan tenaga yang lebih hemat serta tidak ada batasan jam kerja dan hari kerja.

Jadi, ayo gunakan layanan setor tunai di ATM BNI untuk meraih tujuan keuangan Anda!

FAQ

Q: Apa panduan cara menabung di ATM BNI?

A: Untuk menabung di ATM BNI, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Q: Apa saja metode setor dana di Bank BNI?

A: Ada dua metode setor dana di Bank BNI, yaitu lewat teller dan lewat mesin ATM.

Q: Apa kelebihan menggunakan setor tunai di ATM BNI?

A: Beberapa kelebihan menggunakan setor tunai di ATM BNI antara lain hemat waktu dan tenaga, serta tidak ada batasan jam kerja.

Q: Bagaimana cara setor tunai di ATM Bank BNI ke rekening sendiri?

A: Berikut ini cara setor tunai di ATM BNI ke rekening sendiri:

Q: Bagaimana cara setor tunai di ATM BNI ke rekening orang lain?

A: Untuk setor tunai ke rekening orang lain, kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

Q: Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat setor tunai di ATM Bank BNI?

A: Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat setor tunai di ATM Bank BNI antara lain mengetahui limit setor tunai dan cara mengatasi setor tunai gagal.

Q: Apa yang dimaksud dengan mesin setor tunai BNI?

A: Mesin setor tunai BNI adalah mesin ATM yang dapat digunakan untuk melakukan setoran tunai ke rekening.

Q: Bagaimana cara setor tunai BNI menggunakan kartu?

A: Kamu dapat menggunakan kartu ATM BNI untuk melakukan setor tunai dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Q: Bagaimana cara setor tunai BNI tanpa kartu?

A: Setor tunai BNI tanpa kartu dapat dilakukan melalui aplikasi BNI Mobile Banking dengan langkah-langkah berikut:

Q: Bagaimana cara setor tunai BNI melalui teller?

A: Untuk setor tunai melalui teller, kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

Q: Apa kesimpulan dari panduan cara menabung di ATM BNI ini?

A: Dengan mengikuti panduan cara menabung di ATM BNI ini, kamu dapat menabung dengan mudah dan praktis sesuai dengan kebutuhanmu.

Sebelumnya

Panduan Teks Prosedur Menabung di Bank Anda

Selanjutnya

Panduan Cara Menabung untuk Beli Mobil Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ahli Finansial - Keuangan dan Investasi