stats online
Beranda Keuangan Panduan Menabung di ATM BRI Setor Tunai
Keuangan

Panduan Menabung di ATM BRI Setor Tunai

Apakah Anda ingin menabung di ATM BRI dengan cara setor tunai? Kami memiliki panduan lengkap yang akan membantu Anda dalam langkah-langkahnya. Menabung di ATM BRI dengan cara setor tunai sangatlah […]

Apakah Anda ingin menabung di ATM BRI dengan cara setor tunai? Kami memiliki panduan lengkap yang akan membantu Anda dalam langkah-langkahnya. Menabung di ATM BRI dengan cara setor tunai sangatlah mudah dilakukan. Namun, ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan.

Setoran tunai hanya dapat dilakukan di mesin ATM BRI yang memiliki fitur Cash Deposit Machine (CDM) atau Cash Recycling Machine (CRM). Uang yang akan disetor harus dalam pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000, dalam kondisi baik dan tidak rusak.

Jadi, jika Anda ingin mengetahui langkah-langkahnya, ikuti panduan ini dengan seksama. Dalam panduan ini, Anda akan mempelajari cara persiapan uang tunai, pergi ke ATM BRI terdekat, memasukkan kartu ATM, memasukkan PIN, memilih opsi “Setor Tunai”, memasukkan jumlah uang, verifikasi jumlah, memastikan uang dalam kondisi baik, menunggu prosedur penyetoran selesai, mengambil resi, dan mengambil kembali kartu dan uang tunai.

Persiapan Uang Tunai

Sebelum melakukan setor tunai di ATM BRI, Anda perlu menyiapkan uang tunai dalam pecahan Rp 100.000 atau Rp 50.000.

Pastikan uang dalam kondisi baik, tidak rusak, terlipat, atau lecek.

Uang dalam kondisi baik diperlukan agar mesin ATM dapat memproses transaksi setoran tunai dengan lancar.

persiapan uang tunai

Langkah-langkah Persiapan Uang Tunai
1. Pastikan Anda memiliki uang tunai dalam pecahan Rp 100.000 atau Rp 50.000.
2. Periksa kondisi uang tersebut, pastikan tidak ada kerusakan, lipatan, atau lecet.
3. Jika ada uang yang rusak, pisahkan dan gantilah dengan yang baru.
4. Pastikan jumlah uang yang akan disetor telah sesuai dengan yang dibutuhkan.
5. Simpan uang tunai dalam dompet atau bungkus dengan rapi.

Pergi ke ATM BRI Terdekat

Setelah menyiapkan uang tunai, langkah selanjutnya adalah pergi ke mesin ATM BRI terdekat. Mesin ATM BRI biasanya dapat ditemukan di cabang bank, pusat perbelanjaan, atau area umum lainnya. Pastikan Anda menemukan mesin ATM BRI yang dilengkapi dengan fitur Cash Deposit Machine (CDM) atau Cash Recycling Machine (CRM).

pergi ke atm bri terdekat

Jika Anda tidak yakin di mana mesin ATM BRI terdekat berada, Anda dapat menggunakan beberapa cara untuk menemukannya. Pertama, Anda dapat mengunjungi situs web resmi BRI dan mencari fitur pencarian ATM terdekat. Masukkan lokasi Anda dan Anda akan diberikan daftar mesin ATM BRI terdekat beserta alamat dan petunjuk untuk mencapainya.

Alternatif lainnya adalah menggunakan aplikasi perbankan mobile BRI. Unduh aplikasi BRI Mobile di smartphone Anda dan buka menu pencarian ATM terdekat. Aplikasi ini akan menampilkan peta lokasi mesin ATM BRI terdekat beserta jaraknya dari posisi Anda saat ini.

Jika Anda masih kesulitan menemukan mesin ATM BRI terdekat, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan BRI melalui nomor telepon yang tertera di situs web resmi atau mengunjungi cabang bank BRI terdekat untuk meminta bantuan.

Setelah menemukan mesin ATM BRI terdekat, pastikan Anda membawa kartu ATM BRI dan jangan lupa untuk mengambil tindakan keamanan yang tepat, seperti tidak membagikan PIN ATM kepada siapapun dan memastikan keberadaan orang lain di sekitar Anda saat menggunakan mesin ATM.

Memasukkan Kartu ATM

Saat tiba di mesin ATM BRI, mulailah dengan memasukkan kartu ATM BRI Anda ke dalam slot yang sesuai pada mesin. Slot untuk kartu umumnya berada di bagian bawah mesin ATM. Pastikan Anda memasukkan kartu dengan benar, mengikuti arahan yang tertera pada mesin ATM.

memasukkan kartu atm bri

Setelah Anda memasukkan kartu ATM dengan benar, mesin ATM akan mulai memproses kartu Anda. Ini adalah langkah awal dalam melakukan transaksi di ATM BRI.

Memasukkan PIN dan Memilih “Setor Tunai”

Setelah memasukkan kartu, mesin ATM akan meminta Anda untuk memasukkan nomor PIN ATM Anda. Ketiklah nomor PIN dengan hati-hati menggunakan keypad yang disediakan. Pastikan tidak ada yang melihat saat Anda memasukkan PIN.

Setelah itu, pada layar mesin ATM, Anda akan melihat beberapa opsi transaksi. Cari dan pilih opsi “Setor Tunai” atau kata-kata yang serupa yang ada pada layar.

Memasukkan Jumlah Uang dan Verifikasi

Setelah memilih “Setor Tunai”, mesin ATM akan meminta Anda untuk memasukkan jumlah uang tunai yang ingin Anda setor. Jumlah ini dimasukkan menggunakan keypad ATM. Pastikan untuk hati-hati saat memasukkan jumlah uang tunai yang akan Anda setor agar tidak terjadi kesalahan. Setelah memasukkan jumlah uang tunai, layar akan menampilkan jumlah yang Anda masukkan. Periksa kembali apakah jumlahnya sudah benar.

Jika jumlah uang tunai yang Anda masukkan sudah benar, tekan tombol “OK” atau tombol yang sesuai pada keypad untuk melanjutkan proses. Mesin ATM akan melakukan verifikasi jumlah uang yang akan Anda setor.

Verifikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa jumlah uang tunai yang Anda masukkan sesuai dengan yang Anda inginkan. Pastikan untuk memperhatikan layar saat verifikasi dilakukan.

Jika jumlah yang ditampilkan sesuai dengan yang Anda masukkan, tekan tombol “OK” atau tombol yang sesuai untuk melanjutkan. Jika jumlah tidak sesuai, tekan tombol “Batal” atau tombol yang sesuai untuk membatalkan transaksi dan mulai kembali dari awal.

Setelah verifikasi selesai, mesin ATM akan melanjutkan prosedur penyetoran uang tunai yang Anda inginkan. Tunggu beberapa saat hingga proses penyetoran selesai. Pastikan untuk tidak mengambil kartu Anda atau menekan tombol lain selama proses ini berlangsung.

cara memasukkan jumlah uang atm bri setor tunai

Setelah proses selesai, mesin ATM akan mengeluarkan resi sebagai bukti bahwa Anda telah berhasil melakukan setor tunai. Pastikan untuk mengambil resi tersebut sebagai referensi dan bukti transaksi Anda.

Terakhir, jangan lupa untuk mengambil kembali kartu ATM dan uang tunai yang mungkin tersisa di mesin ATM. Periksa kembali apakah Anda telah mengambil semua barang Anda sebelum meninggalkan area mesin ATM.

Dengan memasukkan jumlah uang yang benar dan melakukan verifikasi dengan seksama, Anda dapat melakukan setor tunai dengan aman dan efektif di ATM BRI.

Kesimpulan

Dalam panduan ini, Anda telah mempelajari cara menabung di ATM BRI dengan cara setor tunai yang mudah dan aman. Mulai dari persiapan uang tunai hingga mengambil kembali kartu dan uang tunai, setiap langkah penting telah dijelaskan secara rinci.

Pertama, pastikan Anda menyiapkan uang tunai dalam pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000 yang dalam kondisi baik. Kemudian, pergilah ke mesin ATM BRI terdekat yang dilengkapi dengan fitur Cash Deposit Machine (CDM) atau Cash Recycling Machine (CRM).

Selanjutnya, masukkan kartu ATM BRI ke slot yang sesuai pada mesin dan ketik nomor PIN dengan hati-hati. Pilih opsi “Setor Tunai” pada layar mesin dan masukkan jumlah uang tunai yang ingin Anda setor. Pastikan untuk memverifikasi jumlah yang Anda masukkan sebelum melanjutkan proses.

Setelah menunggu prosedur penyetoran selesai, jangan lupa mengambil resi sebagai bukti transaksi. Terakhir, jangan lupa mengambil kembali kartu ATM dan uang tunai yang telah disetor.

Dengan panduan ini, Anda dapat dengan mudah dan aman menabung di ATM BRI melalui cara setor tunai. Mulailah menabung dengan disiplin dan rutin untuk mencapai tujuan keuangan Anda. Tetaplah mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan untuk pengalaman menabung yang lancar dan menyenangkan!

Sebelumnya

Tips Cara Menabung untuk Pernikahan Impian

Selanjutnya

Rencana Cerdas Menabung untuk Liburan ke Korea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ahli Finansial - Keuangan dan Investasi