stats online
Beranda Investasi Investasi Emas di Dana Minimal Berapa? Cek Disini!
Investasi

Investasi Emas di Dana Minimal Berapa? Cek Disini!

Investasi emas merupakan salah satu jenis investasi yang populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan emas merupakan logam mulia dengan nilai yang cenderung stabil. Emas juga merupakan aset yang mudah dicairkan, […]

Investasi emas merupakan salah satu jenis investasi yang populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan emas merupakan logam mulia dengan nilai yang cenderung stabil. Emas juga merupakan aset yang mudah dicairkan, menjadikannya pilihan investasi yang aman dan menguntungkan. Salah satu platform yang menyediakan layanan investasi emas adalah DANA. Fitur eMAS pada aplikasi DANA memungkinkan Anda untuk membeli, menjual, dan menyimpan emas secara digital. Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari bagaimana cara investasi emas di DANA.

Cara Investasi Emas di DANA

DANA adalah aplikasi keuangan dan dompet digital yang juga memiliki platform investasi emas terintegrasi di dalamnya. Melalui DANA, Anda dapat membeli, menjual, dan menyimpan emas secara digital mulai dari 0,0001 gram. Platform ini telah terdaftar di OJK, sehingga keamanannya sudah terjamin. Untuk memulai investasi emas di DANA, Anda perlu mengunduh dan memasang aplikasi DANA, membuat akun dengan nomor telepon aktif, melakukan verifikasi dengan kode OTP, mengisi data pribadi, dan mengupgrade akun menjadi Premium.

cara investasi emas di DANA

Dengan menggunakan aplikasi DANA, Anda dapat dengan mudah mengakses fitur eMAS untuk berinvestasi emas secara digital. DANA menyediakan kemudahan dalam melakukan transaksi emas dengan dana minimal yang terjangkau. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk memulai investasi emas di DANA adalah sebagai berikut:

  1. Unduh dan pasang aplikasi DANA di smartphone Anda.
  2. Buka aplikasi DANA dan pilih opsi “Daftar” untuk membuat akun baru.
  3. Ikuti langkah-langkah pada aplikasi untuk melakukan verifikasi akun menggunakan nomor telepon aktif dan kode OTP.
  4. Masukkan informasi pribadi yang diperlukan, seperti nama, alamat, dan tanggal lahir.
  5. Setelah akun terdaftar, upgrade akun Anda menjadi akun Premium untuk mendapatkan akses penuh ke fitur investasi emas menggunakan eMAS.

“Investasi emas di DANA memberikan keuntungan dalam hal kemudahan, keamanan, dan fleksibilitas. Anda dapat mengelola investasi emas Anda dengan mudah melalui aplikasi DANA, dimanapun dan kapanpun.”

Cara Beli Emas di DANA

Untuk membeli emas di DANA, buka aplikasi DANA dan cari menu eMAS. Tekan “Beli eMAS” dan baca syarat dan ketentuan pembelian. Jika setuju, lanjutkan dengan memasukkan jumlah emas yang ingin dibeli (minimal 0,0001 gram) dan konfirmasikan pembelian. Pilih metode pembayaran yang disediakan (saldo DANA, kartu debit, atau kredit) dan lakukan pembayaran. Pembelian emas di DANA telah berhasil.

cara beli emas di DANA

Cara Tarik Emas di DANA eMAS

Jika Anda ingin mencairkan emas dalam bentuk fisik melalui DANA eMAS, langkah-langkah berikut dapat Anda ikuti:

  1. Buka aplikasi DANA dan temukan menu eMAS.
  2. Jika Anda belum memiliki saldo emas, belilah terlebih dahulu dengan memilih menu “Beli eMAS”.
  3. Setelah memiliki saldo emas, pilih jumlah emas yang ingin ditarik (minimal 1 gram) dari menu “Tarik eMAS”.
  4. Lengkapi formulir yang disediakan, termasuk data diri dan alamat pengiriman.
  5. Unggah foto e-KTP Anda sebagai bagian dari proses verifikasi.
  6. Pastikan untuk memahami biaya pengiriman yang tertera sebelum mengkonfirmasi pembayaran.
  7. Setelah mengkonfirmasi pembayaran, proses penarikan emas telah berhasil dilakukan.

Anda dapat mencairkan emas secara fisik melalui DANA eMAS dengan mudah dan aman. Pastikan Anda mengikuti petunjuk di aplikasi DANA dengan seksama dan memastikan alamat pengiriman yang Anda berikan merupakan alamat yang tepat. DANA akan membantu mengurus pengiriman emas ke alamat yang Anda berikan setelah proses penarikan selesai.

cara tarik emas di DANA eMAS

Dengan DANA eMAS, Anda memiliki fleksibilitas untuk berinvestasi dalam emas dan mencairkannya sesuai kebutuhan. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk mendapatkan keuntungan dari investasi emas Anda secara fisik melalui DANA.

Tips Sebelum Investasi Emas

Sebelum memutuskan untuk investasi emas, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui. Pertama-tama, tentukan tujuan investasi Anda, apakah jangka pendek, menengah, atau panjang. Tujuan yang jelas akan membantu Anda mengarahkan strategi investasi Anda dengan lebih baik. Selanjutnya, pilih jenis emas yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda. Ada beberapa jenis emas yang dapat dipilih, seperti emas batangan, perhiasan emas, atau logam mulia lainnya.

Sebelum mulai investasi emas, pastikan Anda menggunakan uang dingin atau dana yang tidak akan mempengaruhi keuangan sehari-hari Anda. Investasi emas memiliki risiko, dan menggunakan uang yang sebenarnya Anda butuhkan dapat berdampak negatif pada keuangan Anda jika terjadi penurunan nilai investasi.

Selain itu, waktu yang tepat untuk membeli emas juga perlu diperhatikan. Saat harga emas sedang turun dan nilai mata uang sedang kuat, bisa menjadi waktu yang baik untuk membeli emas dengan harga lebih murah. Mengamati beberapa faktor seperti kondisi ekonomi dan geopolitik juga dapat membantu Anda menentukan waktu yang tepat untuk melakukan investasi emas.

Pastikan membeli emas di tempat yang tepercaya dan terdaftar di OJK. Berinvestasi emas melalui toko emas yang telah terpercaya atau platform investasi emas yang memiliki lisensi resmi akan memberikan jaminan keamanan dan kualitas emas yang Anda beli.

Jadi, sebelum Anda mengambil keputusan untuk berinvestasi emas, pastikan Anda telah mempertimbangkan dengan matang dan mengikuti tips-tips di atas. Dengan pemahaman yang baik tentang investasi emas dan mengambil langkah yang tepat, Anda dapat meraih keuntungan jangka panjang dari investasi emas Anda.

tips sebelum investasi emas

Investasi Emas Digital vs Emas Fisik

Terdapat perbedaan antara investasi emas digital dan emas fisik. Investasi emas digital mengizinkan Anda untuk membeli dan menyimpan emas secara digital, tanpa harus memikirkan penyimpanannya.

Anda bisa membeli emas digital dengan mudah melalui platform digital banking, marketplace, atau aplikasi layanan keuangan. Ini memungkinkan Anda untuk memiliki kepemilikan emas tanpa perlu memiliki fisik emas batangan atau perhiasan.

Salah satu keuntungan investasi emas digital adalah kemudahan dalam membeli dan menjual emas. Anda dapat membeli emas digital dalam jumlah kecil sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Selain itu, investasi emas digital juga memberikan fleksibilitas dalam hal penyimpanan, karena Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan dan penyimpanan fisik emas.

Di sisi lain, investasi emas fisik melibatkan pembelian emas batangan atau perhiasan yang harus disimpan dengan aman. Biasanya, emas fisik disimpan dalam safe deposit box di bank untuk memastikan keamanan dan menghindari risiko pencurian atau kerusakan.

Selain itu, investasi emas fisik juga membutuhkan biaya tambahan seperti biaya pembuatan, biaya penyimpanan, dan biaya asuransi emas. Namun, beberapa orang lebih memilih investasi emas fisik karena merasa memiliki emas fisik memberikan rasa kepastian dan pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan investasi emas digital.

“Investasi emas digital memungkinkan Anda untuk berinvestasi dalam emas dengan lebih mudah, cepat, dan tanpa perlu khawatirkan masalah penyimpanan. Sementara itu, investasi emas fisik memberikan kepuasan memiliki emas fisik secara langsung serta kepastian kepemilikan secara fisik.”

Gambar di bawah ini memberikan ilustrasi perbandingan antara investasi emas digital dan emas fisik:

investasi emas digital vs emas fisik

Keuntungan Investasi Emas Digital:

  • Kemudahan dalam membeli dan menjual emas
  • Penyimpanan emas yang aman dan mudah
  • Tidak membutuhkan biaya penyimpanan
  • Fleksibilitas dalam membeli emas sesuai kebutuhan

Keuntungan Investasi Emas Fisik:

  • Keamanan dan kepastian kepemilikan emas fisik secara langsung
  • Pengalaman memiliki emas secara nyata
  • Nilai sentimentil dan sejarah dalam setiap lembar emas fisik yang dimiliki

Keputusan antara investasi emas digital atau emas fisik tergantung pada preferensi, tujuan, dan kemampuan finansial masing-masing individu. Yang penting adalah memperhatikan keamanan dan keuntungan jangka panjang dalam memilih jenis investasi emas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Menabung Emas Digital

Menabung emas digital dapat dilakukan dengan membuka rekening tabungan emas melalui platform digital banking, marketplace, atau aplikasi layanan keuangan. Dengan cara ini, Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk mengakses investasi emas secara mudah dan fleksibel.

Langkah pertama adalah mencari platform digital banking, marketplace, atau aplikasi layanan keuangan yang menyediakan layanan menabung emas. Pilihlah platform yang terpercaya dan telah terdaftar di otoritas keuangan terkait.

Selanjutnya, masukkan data pribadi Anda dan lengkapi proses verifikasi yang diperlukan untuk membuka rekening tabungan emas. Pastikan Anda memberikan informasi yang akurat dan valid.

Setelah berhasil membuka rekening tabungan emas, Anda dapat memulai menabung emas dengan membeli emas dalam jumlah yang diinginkan. Biasanya, Anda dapat memulai dengan nominal yang terjangkau, seperti dimulai dari Rp10.000.

“Menabung emas digital memberikan fleksibilitas finansial yang lebih besar dibandingkan menabung emas fisik.”

Keuntungan menabung emas digital adalah Anda tidak perlu repot menyimpan dan menjaga keamanan emas fisik. Emas digital disimpan dalam bentuk logam mulia digital yang mudah dikelola dan diakses melalui platform yang Anda gunakan.

Selain itu, menabung emas digital juga memberikan fleksibilitas finansial yang lebih besar. Anda dapat membeli dan menjual emas dengan mudah sesuai dengan kebutuhan dan strategi investasi Anda.

Dengan menabung emas digital, Anda dapat memanfaatkan potensi pertumbuhan nilai emas dalam jangka panjang. Anda juga dapat mengakses keuntungan investasi emas tanpa harus menyimpan fisik emas dan merasa cemas akan keamanannya.

cara menabung emas digital

Menabung emas digital melalui platform digital banking, marketplace, atau aplikasi layanan keuangan adalah pilihan yang cerdas untuk mengamankan kekayaan Anda dan mendapatkan potensi keuntungan di masa depan. Dengan menjalankan langkah-langkah ini, Anda dapat mulai menabung emas dengan mudah dan aman.

Cara Menabung Emas Fisik

Menabung emas fisik merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan kekayaan Anda. Ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti dalam menabung emas fisik.

Membeli Emas Fisik

Langkah pertama dalam menabung emas fisik adalah dengan membeli emas batangan atau perhiasan dari toko emas atau perusahaan yang tepercaya. Pastikan Anda membeli emas dengan sertifikat keaslian yang sah agar memiliki bukti kepemilikan yang valid.

Menyimpan Emas Dengan Aman

Setelah membeli emas fisik, penting bagi Anda untuk menyimpannya dengan aman. Salah satu cara yang umum dilakukan adalah dengan menyewa safe deposit box di bank. Safe deposit box akan memberikan perlindungan dan keamanan ekstra untuk emas fisik Anda.

Tip: Pastikan untuk menyimpan kunci safe deposit box dengan aman dan tidak memberitahukannya kepada orang lain.

Membeli Emas Fisik Secara Online

Selain membeli emas fisik di toko emas, Anda juga dapat membelinya secara online. Banyak platform atau toko emas yang menyediakan layanan pembelian emas fisik secara online. Setelah Anda membeli emas fisik secara online, Anda dapat mengirimkannya ke alamat yang diinginkan.

Mengamankan Investasi Emas Anda

Menabung emas fisik membutuhkan langkah-langkah untuk menjaga keamanan investasi Anda. Selain menyimpan emas fisik dengan aman, pastikan Anda juga mempertimbangkan asuransi untuk melindungi investasi Anda dari risiko pencurian, kehilangan, atau kerusakan.

Tip: Selalu periksa tingkat kepercayaan dan reputasi toko emas atau platform online sebelum membeli emas fisik agar Anda mendapatkan produk yang berkualitas dan terpercaya.

Menabung emas fisik memberikan Anda keuntungan dalam jangka panjang. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menabung emas fisik dengan aman dan mengamankan kekayaan Anda untuk masa depan.

cara menabung emas fisik

Bank Emas dan Tempat Menabung Emas Fisik

Saat ini sedang digodok wacana pembentukan bank emas, yang akan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menabung emas dengan lebih aman dan terjamin. Bank emas ini akan menjadi tempat yang terpercaya untuk menyimpan dan menginvestasikan emas fisik Anda. Dengan adanya bank emas, Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan dan kerawanan yang mungkin terjadi saat menyimpan emas di rumah.

Selain bank emas, ada juga tempat-tempat lain di mana Anda dapat menabung emas fisik dengan aman. Salah satunya adalah toko emas yang terpercaya. Saat Anda membeli emas fisik dari toko emas yang tepercaya, Anda dapat memastikan bahwa emas yang Anda beli adalah asli dan berkualitas. Toko emas yang terpercaya biasanya juga menyediakan layanan khusus untuk penyimpanan emas, seperti penyewaan safe deposit box di bank.

Safe deposit box adalah kotak penyimpanan yang aman dan terpisah di dalam bank. Anda dapat menyewa safe deposit box tersebut untuk menyimpan emas fisik Anda dengan lebih aman dan terjaga keamanannya. Safe deposit box biasanya dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih, seperti penggunaan kartu akses dan pengawasan kamera 24 jam. Dengan menyimpan emas fisik di safe deposit box, Anda dapat memiliki ketenangan pikiran dan merasa lebih aman.

safe deposit box

Jadi, baik itu dengan menggunakan bank emas, toko emas yang tepercaya, atau menyewa safe deposit box di bank, Anda dapat menabung emas fisik dengan aman dan terjamin. Pilihlah tempat yang memenuhi kriteria keamanan dan kepercayaan Anda untuk menyimpan emas fisik dengan nyaman. Dengan menabung emas fisik, Anda akan memiliki aset yang bernilai dan dapat diandalkan untuk jangka panjang.

Kesimpulan

Investasi emas di DANA merupakan pilihan yang aman dan menguntungkan untuk jangka panjang. Dengan dana minimal yang terjangkau, Anda dapat membeli, menjual, dan menyimpan emas secara digital melalui aplikasi DANA. Dengan memperhatikan tips-tips yang telah dijelaskan sebelumnya, serta memilih jenis emas yang sesuai dengan tujuan investasi Anda, Anda dapat mengamankan kekayaan dan meraih potensi keuntungan yang baik dalam jangka panjang. Investasi emas adalah salah satu cara yang aman dan terbukti untuk menghadapi fluktuasi harga emas yang dapat memberikan keuntungan jangka panjang. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan investasi emas sebagai sarana untuk melindungi aset Anda dan meraih keuntungan yang stabil serta aman di masa depan.

Sebelumnya

Investasi Emas Online Menurut Islam: Panduan Halal

Selanjutnya

Keuntungan Investasi Emas di BSI Syariah Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ahli Finansial - Keuangan dan Investasi