stats online
Beranda Reksadana Reksadana Campuran Adalah: Pahami Keuntungannya
Reksadana

Reksadana Campuran Adalah: Pahami Keuntungannya

Reksadana campuran adalah salah satu jenis investasi yang menawarkan berbagai keuntungan. Sebelum memulai investasi, penting untuk memahami apa itu reksadana campuran dan manfaat yang bisa Anda dapatkan. Dalam artikel ini, […]

Reksadana campuran adalah salah satu jenis investasi yang menawarkan berbagai keuntungan. Sebelum memulai investasi, penting untuk memahami apa itu reksadana campuran dan manfaat yang bisa Anda dapatkan. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian reksadana campuran, jenis-jenisnya, keuntungan, risiko, cara kerjanya, dan tips memilih reksadana campuran.

Reksadana campuran adalah jenis reksadana yang memiliki portofolio berisikan saham, obligasi, dan pasar uang. Bobot masing-masing jenis aset ini bisa mencapai 79 persen dari total portofolio. Keuntungan dari reksadana campuran adalah tingkat keuntungan yang kompetitif dibandingkan dengan investasi lainnya.

Diversifikasi risiko juga merupakan salah satu keuntungan dari reksadana campuran. Dengan mengalokasikan dana ke berbagai instrumen investasi, risiko kerugian dapat dikurangi. Modal awal yang kecil juga menjadi daya tarik reksadana campuran, karena Anda dapat memulai investasi dengan jumlah yang terjangkau.

Dalam jangka waktu pendek, reksadana campuran juga memberikan fleksibilitas karena proses pencairan dana bisa dilakukan dengan cepat. Selain itu, keuntungan dari investasi reksadana campuran ini juga bebas pajak, sehingga Anda dapat merasakan keuntungan lebih besar.

Namun, seiring dengan keuntungan yang ditawarkan, ada juga risiko yang perlu diperhatikan. Salah memilih manajer investasi, tidak ada jaminan pemerintah, kemungkinan dibubarkan, terlambat bayar, dan penurunan nilai instrumen investasi, adalah beberapa risiko yang mungkin dihadapi saat berinvestasi dalam reksadana campuran.

Cara kerja reksadana campuran sangatlah simpel. Anda tinggal menyerahkan dana kepada manajer investasi yang akan mengelola dan mengalokasikan dana tersebut ke berbagai instrumen investasi sesuai dengan tujuan investasi Anda.

Ada beberapa jenis reksadana campuran berdasarkan komposisi portofolio, seperti konservatif, moderat, dan agresif. Pemilihan jenis reksadana campuran akan bergantung pada profil risiko dan tujuan investasi Anda.

Pilihlah reksadana campuran yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi Anda. Aplikasi digibank by DBS merupakan solusi yang dapat memudahkan Anda dalam memilih dan mengelola investasi reksadana campuran. Aplikasi ini menawarkan berbagai jenis produk reksadana campuran dengan opsi yang beragam.

Dengan memahami pengertian, jenis, keuntungan, risiko, cara kerja, dan tips memilih reksadana campuran, Anda dapat membuat keputusan investasi yang lebih cerdas dan menguntungkan. Jadi, jangan ragu untuk mulai berinvestasi di reksadana campuran dan raih keuntungan yang diinginkan.

Pengertian Reksadana Campuran

Reksadana campuran merupakan jenis reksadana yang memiliki portofolio beragam instrumen investasi seperti saham, obligasi, dan pasar uang. Dalam reksadana campuran, keberagaman ini bertujuan untuk meminimalkan risiko investasi melalui diversifikasi portofolio. Maksimal investasi untuk masing-masing instrumen dalam reksadana campuran adalah 79 persen.

Reksadana campuran cocok untuk investor dengan profil risiko moderat yang menginginkan pertumbuhan modal yang seimbang antara instrumen saham dan obligasi. Dengan adanya kombinasi aset yang beragam, investor dapat merasakan keuntungan dari pergerakan pasar saham yang potensial dan juga stabilitas dari investasi obligasi.

Investasi dalam reksadana campuran memberikan kesempatan bagi investor untuk mendapatkan diversifikasi portofolio yang terkelola dengan baik, mengurangi risiko investasi yang terkait dengan perubahan kondisi pasar, serta meningkatkan potensi keuntungan jangka panjang.

Keunggulan Reksadana Campuran

  • Diversifikasi portofolio yang mengurangi risiko investasi
  • Peluang mendapatkan tingkat keuntungan yang kompetitif
  • Modal awal yang kecil memungkinkan siapa pun untuk berinvestasi
  • Jangka waktu investasi yang fleksibel
  • Proses pencairan yang cepat dan mudah
  • Keuntungan bebas pajak
  • Keamana investasi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

pengertian reksadana campuran

“Reksadana campuran memberi kesempatan kepada investor dengan profil risiko moderat untuk berinvestasi dalam berbagai instrumen keuangan, mengurangi risiko dan potensi kerugian. Dengan diversifikasi portofolio yang dilakukan oleh manajer investasi, investor dapat merasakan keuntungan dari pergerakan pasar saham yang potensial dan juga stabilitas dari investasi obligasi.”

Keuntungan Reksadana Campuran

Reksadana campuran menawarkan berbagai keuntungan investasi yang menarik. Dengan diversifikasi portofolio yang baik, reksadana campuran dapat membantu Anda mengurangi risiko kerugian dan memaksimalkan potensi keuntungan.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan utama dari reksadana campuran:

  1. Tingkat Keuntungan Kompetitif: Reksadana campuran dapat memberikan tingkat keuntungan yang kompetitif, tergantung pada alokasi dana dan kinerja instrumen investasi. Rata-rata keuntungan bisa mencapai 10-20% per tahun, membuatnya menjadi pilihan investasi yang menarik.
  2. Diversifikasi Risiko: Dalam reksadana campuran, dana Anda akan dialokasikan ke berbagai instrumen investasi seperti saham, obligasi, dan pasar uang. Diversifikasi ini membantu mengurangi risiko kerugian dengan menyebarkan investasi Anda pada berbagai aset. Jika salah satu instrumen mengalami penurunan nilai, keuntungan dari instrumen lain dapat membantu menyeimbangkan dampaknya.
  3. Modal Awal yang Kecil: Anda dapat memulai investasi di reksadana campuran dengan modal awal yang relatif kecil. Hal ini memungkinkan siapa pun, bahkan dengan dana terbatas, untuk menginvestasikan uang mereka dan memiliki akses ke berbagai instrumen investasi yang sebelumnya tidak terjangkau.
  4. Jangka Waktu Pendek: Reksadana campuran juga cocok untuk investor dengan tujuan pendek. Anda dapat melakukan pencairan investasi Anda dalam waktu relatif singkat, memungkinkan Anda untuk mengakses dan menggunakan dana Anda sesuai kebutuhan.
  5. Proses Pencairan Cepat: Proses pencairan dana dari reksadana campuran relatif cepat. Anda biasanya dapat mencairkan investasi Anda dalam waktu beberapa hari kerja, memberikan fleksibilitas dalam mengelola keuangan Anda.
  6. Bebas Pajak: Keuntungan dari reksadana campuran biasanya tidak dikenakan pajak penghasilan. Hal ini menjadikannya pilihan investasi yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi lain yang mungkin dikenakan pajak.
  7. Keamanan Investasi: Reksadana campuran diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menjadikannya investasi yang relatif aman. Investasi Anda akan dikelola oleh manajer investasi yang profesional, mengurangi risiko kesalahan dalam pengelolaan dana Anda.

keuntungan reksadana campuran

Keuntungan-keuntungan ini membuat reksadana campuran menjadi pilihan yang menarik untuk investor dengan berbagai profil risiko dan tujuan investasi. Namun, seperti halnya investasi lainnya, penting untuk selalu melakukan evaluasi dan memperhatikan risiko-risiko yang terkait. Berikutnya, kita akan membahas lebih lanjut mengenai risiko-risiko yang perlu diperhatikan dalam investasi reksadana campuran.

Risiko Reksadana Campuran

Terdapat beberapa risiko yang terkait dengan reksadana campuran yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Salah Memilih Manajer Investasi: Risiko terbesar dalam reksadana campuran adalah salah memilih manajer investasi. Jika Anda memilih manajer investasi yang tidak kompeten, dapat menyebabkan kerugian besar pada investasi yang dapat mempengaruhi hasil investasi Anda.
  2. Tidak Ada Jaminan Pemerintah: Reksadana campuran tidak dijamin oleh pemerintah sehingga tidak ada jaminan keamanan dana yang diinvestasikan. Jika pengguna dana tidak dapat memenuhi kewajibannya, investor bisa kehilangan aset yang diinvestasikan.
  3. Kemungkinan Dibubarkan: Reksadana campuran yang tidak berkembang dengan baik atau mengalami kendala bisa dibubarkan oleh pemerintah. Jika reksadana dibubarkan, investor mungkin tidak dapat mengembalikan uang yang sudah diinvestasikan.
  4. Terlambat Bayar: Ada risiko terlambat bayar yang terkait dengan reksadana campuran. Jika usaha yang dikelola oleh pengguna dana mengalami penurunan atau kendala lain, investor mungkin menghadapi keterlambatan pembayaran hasil investasi.
  5. Penurunan Nilai Instrumen Investasi: Ada juga risiko penurunan nilai instrumen investasi yang dapat mempengaruhi keuntungan Anda. Fluktuasi pasar atau perubahan kondisi ekonomi dapat menyebabkan penurunan nilai instrumen investasi dalam reksadana campuran.

Memahami risiko-reksiko ini akan membantu Anda dalam mengambil keputusan investasi yang lebih bijaksana. Sebagai investor, penting untuk memahami bahwa reksadana campuran memiliki risiko seperti investasi lainnya. Salah satu langkah penting untuk mengurangi risiko adalah dengan melakukan riset dan memilih dengan hati-hati manajer investasi yang handal dan berpengalaman.

Seiring dengan risiko yang ada, reksadana campuran juga menawarkan keuntungan dan nilai investasi jangka panjang yang menarik. Dalam mengevaluasi reksadana campuran sebagai opsi investasi, penting untuk mempertimbangkan baik keuntungan maupun risikonya.

“Investasikanlah uang Anda dengan bijak setelah mempertimbangkan risiko dan keuntungan yang terkait dengan reksadana campuran.”

risiko reksadana campuran

Risiko Penjelasan
Salah Memilih Manajer Investasi Risiko terbesar dalam reksadana campuran adalah salah memilih manajer investasi yang dapat menyebabkan kerugian besar pada investasi yang dapat mempengaruhi hasil investasi Anda.
Tidak Ada Jaminan Pemerintah Reksadana campuran tidak dijamin oleh pemerintah sehingga tidak ada jaminan keamanan dana yang diinvestasikan.
Kemungkinan Dibubarkan Reksadana campuran yang tidak berkembang dengan baik atau mengalami kendala bisa dibubarkan oleh pemerintah, sehingga investor mungkin tidak dapat mengembalikan uang yang sudah diinvestasikan.
Terlambat Bayar Risiko terlambat bayar terkait dengan reksadana campuran terjadi jika usaha yang dikelola oleh pengguna dana mengalami penurunan atau kendala lain dalam pembayaran hasil investasi.
Penurunan Nilai Instrumen Investasi Risiko terkait dengan fluktuasi pasar dan perubahan kondisi ekonomi yang dapat menyebabkan penurunan nilai instrumen investasi dalam reksadana campuran.

Cara Kerja Reksadana Campuran

Bagaimana cara kerja reksadana campuran? Prosesnya sangat simpel. Anda sebagai investor akan menyerahkan dana kepada manajer investasi yang akan mengelola dan mengalokasikan dana tersebut ke berbagai instrumen investasi seperti saham, obligasi, dan pasar uang.

Manajer investasi akan menggunakan keahliannya dalam mengatur penempatan aset yang sesuai dengan tujuan investasi Anda. Mereka akan memilih instrumen investasi yang dianggap potensial dan memiliki risiko yang sesuai dengan profil risiko Anda sebagai investor.

Setelah dana diinvestasikan, manajer investasi akan secara teratur memantau dan mengelola portofolio Anda. Mereka akan mengikuti pergerakan harga instrumen investasi, melakukan diversifikasi, dan melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk memaksimalkan potensi keuntungan dan mengurangi risiko.

Sebagai investor, Anda akan menerima laporan perkembangan investasi secara rutin dari manajer investasi. Laporan ini akan memberikan informasi mengenai hasil investasi Anda, perubahan portofolio, dan performa dan kinerja reksadana campuran secara keseluruhan.

Proses kerja reksadana campuran ini memberikan kemudahan bagi investor yang tidak memiliki waktu dan pengetahuan yang cukup dalam mengelola investasi secara mandiri. Anda dapat mempercayakan dana Anda kepada profesional yang memiliki pengalaman dan pemahaman mendalam tentang pasar keuangan.

Contoh Tabel:

Alokasi Instrumen Investasi Persentase
Saham 30%
Obligasi 50%
Pasar Uang 20%

cara kerja reksadana campuran

Dalam contoh tabel di atas, terlihat bahwa reksadana campuran memiliki alokasi dana sebesar 30% untuk saham, 50% untuk obligasi, dan 20% untuk pasar uang. Manajer investasi akan mengelola portofolio Anda berdasarkan alokasi ini dan berusaha untuk mencapai tujuan investasi yang telah ditetapkan.

Jenis Reksadana Campuran

Terdapat beberapa jenis reksadana campuran berdasarkan komposisi portofolio atau penempatan dana. Jenis-jenisnya meliputi konservatif, moderat, dan agresif. Reksadana campuran konservatif biasanya menempatkan lebih banyak dana pada obligasi daripada saham, sementara reksadana campuran moderat memiliki alokasi yang seimbang antara obligasi dan saham. Reksadana campuran agresif cenderung lebih banyak menempatkan dana pada saham untuk tujuan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

jenis reksadana campuran

Reksadana campuran dapat disesuaikan dengan preferensi risiko dan tujuan investasi Anda. Memilih jenis reksadana campuran yang tepat dapat memaksimalkan potensi keuntungan dan mengurangi risiko investasi. Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai masing-masing jenis reksadana campuran:

Konservatif

Reksadana campuran konservatif cenderung memiliki lebih banyak alokasi dana pada obligasi daripada saham. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko investasi dan memberikan stabilitas keuntungan yang lebih konsisten. Reksadana campuran konservatif cocok untuk investor dengan profil risiko yang lebih rendah dan ingin melindungi modal investasi mereka.

Moderat

Reksadana campuran moderat memiliki alokasi yang seimbang antara obligasi dan saham. Hal ini bertujuan untuk mencapai keseimbangan antara keuntungan yang lebih tinggi dari saham dan risiko yang lebih rendah dari obligasi. Reksadana campuran moderat cocok untuk investor dengan profil risiko moderat yang mencari pertumbuhan dan keuntungan investasi dalam jangka menengah hingga panjang.

Agresif

Reksadana campuran agresif cenderung memiliki lebih banyak alokasi dana pada saham daripada obligasi. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan pertumbuhan dan keuntungan investasi yang lebih tinggi, meskipun dengan risiko yang lebih tinggi pula. Reksadana campuran agresif cocok untuk investor dengan profil risiko tinggi yang bersedia mengambil risiko lebih besar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dalam jangka panjang.

Dalam memilih jenis reksadana campuran, penting untuk mempertimbangkan tujuan investasi, toleransi risiko, dan jangka waktu investasi Anda. Konsultasikan dengan ahli keuangan atau manajer investasi untuk mendapatkan saran yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan situasi keuangan Anda.

Kelebihan Reksadana Campuran

Investasi dalam reksadana campuran memiliki sejumlah kelebihan yang dapat memberikan Anda keuntungan dan keamanan dalam melakukan investasi. Berikut adalah kelebihan-kelebihan dari reksadana campuran:

  1. Tingkat Keuntungan Kompetitif: Reksadana campuran dapat memberikan Anda tingkat keuntungan yang kompetitif dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Dengan alokasi yang tepat pada saham, obligasi, dan pasar uang, Anda dapat mengoptimalkan tingkat pengembalian investasi Anda.
  2. Diversifikasi Risiko: Reksadana campuran memiliki portofolio yang terdiversifikasi, dengan alokasi dana pada berbagai jenis aset. Hal ini membantu mengurangi risiko kerugian yang dapat terjadi karena fluktuasi pasar pada instrumen investasi tertentu.
  3. Kemudahan Memulai Investasi dengan Modal Awal yang Kecil: Investasi dalam reksadana campuran dapat dilakukan dengan modal awal yang relatif kecil. Hal ini memungkinkan siapa pun untuk memulai investasi tanpa harus memiliki dana yang besar.
  4. Fleksibilitas Jangka Waktu Pendek: Anda dapat memilih jangka waktu pendek sebagai tujuan investasi, tergantung pada kebutuhan finansial Anda. Dengan reksadana campuran, Anda dapat memiliki fleksibilitas dalam menentukan jangka waktu investasi Anda.
  5. Proses Pencairan yang Cepat: Jika Anda membutuhkan dana dengan cepat, reksadana campuran dapat memberikan Anda kemudahan dalam proses pencairan. Anda dapat mencairkan investasi Anda dalam waktu relatif singkat.
  6. Keuntungan Bebas Pajak: Keuntungan yang diperoleh dari investasi reksadana campuran tidak dikenakan pajak penghasilan. Hal ini menjadikan investasi ini lebih menguntungkan bagi Anda dalam hal potensi pengembalian investasi.
  7. Keamanan Investasi: Reksadana campuran diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang menjaga keamanan investasi Anda. Dengan regulasi yang ketat, Anda dapat merasa aman dan percaya bahwa investasi Anda sedang diawasi dengan baik.

kelebihan reksadana campuran

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh reksadana campuran, investasi ini dapat menjadi pilihan yang menarik bagi Anda. Namun, tetap lakukan riset dan pertimbangan yang matang sebelum mengambil keputusan investasi. Pastikan sesuaikan dengan tujuan dan profil risiko Anda.

Kelebihan Reksadana Campuran Penjelasan
Tingkat Keuntungan Kompetitif Memberikan tingkat keuntungan yang kompetitif dalam investasi.
Diversifikasi Risiko Mengurangi risiko kerugian melalui diversifikasi portofolio.
Kemudahan Memulai Investasi dengan Modal Awal yang Kecil Investasi dapat dimulai dengan modal awal yang kecil.
Fleksibilitas Jangka Waktu Pendek Memiliki fleksibilitas dalam menentukan jangka waktu investasi.
Proses Pencairan yang Cepat Pencairan investasi dapat dilakukan dengan cepat.
Keuntungan Bebas Pajak Keuntungan investasi tidak dikenakan pajak penghasilan.
Keamanan Investasi Diawasi oleh OJK untuk menjaga keamanan investasi.

Risiko Investasi Reksadana Campuran

Risiko yang terkait dengan investasi reksadana campuran meliputi fluktuasi pasar, ketidakmampuan manajer investasi, keuntungan yang sedikit, kurang cocok untuk investasi jangka pendek, dan risiko kredit.

Fluktuasi pasar adalah salah satu risiko utama dalam investasi reksadana campuran. Perubahan harga saham, obligasi, dan aset pasar uang dapat memengaruhi nilai investasi Anda. Ketidakmampuan memprediksi secara akurat pergerakan pasar dapat menyebabkan kerugian dalam portofolio investasi Anda.

Ketidakmampuan manajer investasi adalah risiko lain yang harus diperhatikan. Kinerja manajer investasi yang tidak kompeten dapat mengakibatkan kinerja investasi yang buruk dan menimbulkan kerugian bagi investor. Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset dan memilih manajer investasi yang berpengalaman, memiliki rekam jejak yang baik, dan memiliki strategi investasi yang sesuai dengan tujuan Anda.

Keuntungan dari reksadana campuran cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan reksadana yang berisiko lebih tinggi. Karena komponen obligasi dan pasar uang dalam portofolio reksadana campuran, potensi keuntungan dapat terbatas. Namun, hal ini juga berarti bahwa risiko investasi Anda lebih terdiversifikasi dan lebih terkendali.

Investasi reksadana campuran lebih cocok untuk tujuan jangka panjang daripada tujuan jangka pendek. Karena fluktuasi pasar dan potensi keuntungan yang lebih rendah, reksadana campuran mungkin tidak cocok untuk investor yang mencari pengembalian cepat dalam waktu singkat.

Risiko kredit juga perlu diperhatikan dalam investasi reksadana campuran. Meskipun ada diversifikasi dalam portofolio, risiko kredit tetap ada. Jika salah satu penerbit obligasi dalam portofolio mengalami masalah keuangan atau gagal membayar kewajiban utangnya, hal ini dapat berdampak negatif pada nilai investasi Anda.

Mengetahui dan memahami risiko-risiko ini dapat membantu Anda membuat keputusan investasi yang bijaksana dan lebih siap untuk menghadapi fluktuasi pasar.

risiko reksadana campuran

Memilih Reksadana Campuran dengan Aplikasi digibank by DBS

Investasi reksadana campuran merupakan strategi yang menguntungkan untuk mengembangkan dana dan mengurangi risiko. Untuk memulai investasi yang tepat, penting untuk memilih produk reksadana campuran yang beragam dan terpercaya. Salah satu cara yang efektif adalah dengan menggunakan aplikasi digibank by DBS.

Aplikasi digibank by DBS menyediakan lebih dari 50 opsi produk reksadana campuran yang dapat dipilih. Investor dapat dengan mudah melihat komposisi portofolio reksadana campuran dan memahami potensi keuntungan serta risiko investasi melalui aplikasi ini. Keuntungan ini memberikan kontrol penuh kepada investor dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi mereka.

digibank by DBS juga memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi pembelian reksadana campuran. Investor dapat dengan mudah melakukan pembelian langsung melalui aplikasi ini, tanpa perlu repot mengurus proses manual di bank atau lembaga keuangan lainnya. Proses pembelian yang mudah ini memungkinkan investasi reksadana campuran dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.

Selain itu, menggunakan aplikasi digibank by DBS juga memungkinkan diversifikasi portofolio yang lebih mudah. Investor dapat memilih dari berbagai produk reksadana campuran yang tersedia, mencapai diversifikasi yang optimal untuk mengurangi risiko investasi. Aplikasi ini menyediakan pilihan produk yang aman dan menguntungkan, sehingga investor dapat memiliki keyakinan dalam memilih reksadana campuran yang tepat.

Jadi, dengan memilih reksadana campuran melalui aplikasi digibank by DBS, Anda dapat mendapatkan kemudahan dan keamanan dalam berinvestasi. Manfaatkan kecanggihan teknologi dan nikmati pengalaman berinvestasi yang lebih baik dengan aplikasi digibank by DBS.

investasi reksadana campuran

Kesimpulan

Reksadana campuran adalah jenis reksadana investasi yang menggabungkan saham, obligasi, dan pasar uang dalam portofolio investasinya. Jenis investasi ini memiliki beberapa keuntungan, antara lain tingkat keuntungan yang kompetitif, diversifikasi risiko, modal awal yang kecil, jangka waktu pendek, proses pencairan yang cepat, bebas pajak, dan keamanan investasi.

Investasi dalam reksadana campuran juga memiliki risiko yang perlu diperhatikan. Salah satu risiko adalah keputusan salah dalam memilih manajer investasi. Selain itu, tidak ada jaminan pemerintah terhadap investasi reksadana campuran, dan terdapat kemungkinan reksadana dibubarkan. Selain itu, terlambat bayar dan penurunan nilai instrumen investasi juga merupakan risiko yang dapat terjadi.

Cara kerja reksadana campuran sangat simpel. Anda sebagai investor hanya perlu menyerahkan dana kepada manajer investasi yang akan mengelola dan mengalokasikan dana tersebut ke berbagai instrumen investasi seperti saham, obligasi, dan pasar uang. Terdapat beberapa jenis reksadana campuran yang dapat dipilih berdasarkan komposisi portofolio, seperti konservatif, moderat, dan agresif.

Untuk memudahkan proses investasi dalam reksadana campuran, Anda dapat menggunakan aplikasi digibank by DBS. Aplikasi tersebut menyediakan lebih dari 50 opsi produk reksadana campuran yang dapat dipilih. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda dapat melihat komposisi portofolio, memahami keuntungan dan risiko investasi, serta melakukan transaksi pembelian dengan mudah dan aman.

Sebelumnya

Investasi Cerdas dengan Reksadana Mandiri

Selanjutnya

Investasi Mudah dengan Reksadana Tokopedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ahli Finansial - Keuangan dan Investasi